Diserang Rusia, Kadal Ukraina Simpan ‘Harta Kadal’! Ini Kadalnya

oleh -1387 Dilihat
Kadal Ukraina Simpan
Kadal Ukraina Simpan

JAKARTA – Tensi Rusia dengan Ukrania memanas. Rusia pun telah melancarkan “perang skala penuh” terhadap Ukraina. Presiden Rusia Vladimir Putin pun mengumumkan operasi khusus di Donetsk dan Luhansk, dua wilayah yang menyatakan kemerdekaan dari Kiev.

Namun di balik konflik kedua negara tersebut, Ukraina memiliki harta karun yang besar berupa pertanian dan perikanan. Sebagian karena tanah yang subur dan iklim yang mendukung, produksi tanaman Ukraina berkembang pesat.

Melansir britannica, Kamis (24/2/2022), produksi biji-bijian dan kentangnya termasuk yang tertinggi di Eropa, dan merupakan salah satu produsen bit gula dan minyak bunga matahari terbesar di dunia. Sektor peternakan Ukraina tertinggal di belakang sektor tanaman, tetapi total outputnya masih jauh lebih besar daripada sebagian besar negara Eropa lainnya.

 

Sejumlah besar tanah hitam dunia ditemukan di zona stepa hutan Ukraina. Tanah ini sangat cocok untuk budidaya bit gula, tanaman industri penting, dan gandum. Selain gandum (hampir semuanya jatuh), Ukraina memproduksi biji-bijian seperti barley (kebanyakan untuk pakan ternak), jagung (jagung, untuk pakan), biji-bijian polongan (juga pakan), gandum, gandum hitam, millet, soba, dan beras (irigasi, di Krimea).

 

Kemudian kentang merupakan tanaman utama di daerah yang lebih dingin di utara dan di kaki bukit Carpathian. Biji bunga matahari, tanaman minyak utama, paling umum di zona stepa, di mana biji jarak, mustard, lobak, rami, rami, dan biji poppy juga ditanam untuk minyak. Di stepa selatan, terutama di mana irigasi digunakan, tomat, paprika, dan melon juga ditanam. Pertanian truk atau taman pasar sangat terkenal di pinggiran kota-kota besar seperti Kyiv, Kharkiv, Dnipropetrovsk, Zaporizhzhya, dan konurbasi Donets Basin.

 

Buah ditanam di seluruh Ukraina, terutama di hutan-stepa, Transcarpathia (di Ukraina barat daya), dan terutama Krimea. Kebun anggur umum di bagian selatan Ukraina, khususnya di Transcarpathia dan Krimea.

Sapi dan babi dipelihara di seluruh Ukraina. Konsentrasi ternak sapi perah terjadi terutama di hutan-stepa, terutama di sekitar kota-kota besar, sedangkan sapi potong lebih umum di daerah padang rumput alami dan ladang jerami, seperti di kaki bukit Polissya dan Carpathian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.